Minggu, 10 Desember 2017

SKRIP(SWEET)

Haloooo semuanyaaa..... aahh aku kangen nulis lagi di blog ini. Setelah sekian tahun vaccum dari dunia per-Blog-an, haha ehhh .
yaaaa kali ini aku mau cerita pengalaman tentang jatuh bangunnya aku ketika SKRIP(SWEET) or skripsi kemarin....
Hmmmm karena aku sekarang lagi seloowwwww banget, yaahh jadi bisa nerusin nulis deh hihi.
okee deh cusss langsung aja.

Jadi begini ceritanya... jengg jenggg jenggg.... apalah ini hahaha oke maaf maaf :D
Flashback ya di tahun kemarin hihi. Aku wisuda tahun 2016 kemarin, tepatnya di tanggal 30 Agustus. ahh udah lama juga ya aku lulus kuliah, gak nyangka bakalan secepat ini. Dan pastinya aku sekarang kangeeennn bangeett masa-masa kuliah dulu, yang selalu seneng bareng temen2. Mulai dari nongkrong bareng, jajan bareng, karaokean, ngerjain tugas bareng, ujian bareng -eh, sampai tidur pun bareng2 ehehehe eitsss tapi jangan salah kami muhrim kok :D
Nah, sebelum wisuda aku ngalamin yang namanya berjuang buat SKRIPSI. Hmmmm rasanya nano nano banget dah. Dari awal aku nentuin judul Proposal Penelitian, sidang proposal, berujung penolakan-penolakan, drama nangis-nangis, sampe akhirnya PETJAH TELOR juga alias ujian skripsi alias Pendadaran. Ahhh kalo inget mah bikin senyum-senyum geli dah...

Awalnya sih aku buat 3 judul proposal, dan yang terpilih cuma 1 judul aja, passs banget kan dan gak ada pilihan lain, mau gak mau aku harus pakai judul itu untuk bahan penelitian skripsi ku. Coba tebak apa judulnya ? Judulnya adalah "Efektifitas Penggunaan Kulit Pisang Kepok sebagai Filter dalam Penurunan Kadar Besi (Fe) pada Air Sumur Gali" yaaaakkk agak aneh gitu ya? .Pasti pada mikir, kok kulit pisang sih? emang bisa? caranya gimana?.

Sebenarnya usut punya usut yang buat judul aja kagak paham kenapa bisa dapat ide seperti itu, konyol kan? hahaha. Hmmm mungkin dulu aku terinspirasi ketika lagi banyak banyaknya panen pisang kepok dirumah aku. Awalnya sih enjoy aja dengan judul itu, tapi pas pengumuman siapa pembimbing dan pengujiku, Aku syock deh ciuussss (ah lebay :D) eh tapi beneran. Aku berfikir bakalan susah nih, dengan pembimbing dan penguji yang super duper jenius. But Bismillah, InshaAlloh dimudahkan jalannya. Yaakk awal perjuanganku dimulai, ketika aku membuat kerangka proposal dan aku kekurangan referensi. Karena penelitian tentang kulit pisang ini masih minim dan belum banyak. Mau gak mau aku harus berjuang mencari referensi kesana kemari, ke perpustakaan kampus kampus lain. Setelah semua selesai aku konsultasikan ke pembimbing aku, nah disinilah mentalku diuji. Ada yang harus dirubah, diganti, ditambahin, dari pembimbing 1 ke pembimbing 2 semua harus tertuang di dalam proposalku. Setelah semua disetujui, finally menghadap penguji minta ujian proposal, setelah fix semua ujian proposal pun dimulai. aahhh mengingat ini jadi bikin sedih deh. Kenapa ? karena proposalku ditolak sama penguji :( .Dan yang parahnya lagi aku nangis setelah pembacaan kesimpulan bahwa proposalku ditolak!. Untungnya ada ketujuh sahabatku yang selalu ada buat aku. 

But setelah berjuang panjang merubah proposal, judul, isi, metode penelitian, dan semuanya. Finally penguji setuju dengan judul terakhir ku yaitu "Rangkaian Penambahan Perasan Kulit Pisang Kepok dan Filtrasi untuk Menurunkan Kandungan Besi(Fe) dan Kekeruhan Air Sumur Gali". Kenapa judulku jadi berubah drastis?. Sedikit cerita yaa, waktu aku pakai judul yang pertama ada sanggahan yang membuatku menyetujui sanggahan itu. Kulit pisang itu bahan organik dan mudah membusuk, nah kalau dipakai untuk pengolahan air bersih apakah gak bahaya? ada mikroorganisme lain? "kalo dipikir ya benar juga". Setelah itu aku buatlah metode lain dengan membuat arang kulit pisang kepok, bukannya berhasil, ini malah nambah masalah baru. Air hasil olahan dengan arang kulit pisang kepok ini jadi berwarna merah!. Alih alih bikin air jadi bening, ini malah nambahin warna. Ketika aku berpikir keras, Finally nemu lah ide untuk ambil ekstrak kulit pisang kepok aja. daannn engingeng, Alhamdulillah disetujui oleh kedua pembimbing dan penguji, walaupun harus dengan perjuangan yng alot.

Didalam pengerjaan skripsi itu aku sempet sakit dan harus bed rest selama seminggu. Ya Allah aku separah inikah stressnya? Sampai sahabat-sahabatku datang menjenguk dan membantuku mengerjakan penelitianku. Aaahh beruntung sekali aku punya mereka :). Aku juga akan memperlihatkan beberapa fotoku disini.
Foto1. ini dia sahabat terbaikku yang selalu ada buat aku. Makasih kalian (Jannah,Ari,Dian,Laras)
Nah, itu dia sahabat-sahabatku, dan itu mereka lagi membersihkan alat pengolahan air milikku yang akan diganti media untuk pengolahan selanjutnya :).
Foto2. memotong kulit pisang kepok yang akan diambil ekstraknya
Foto3. Pemeriksaan kualitas air (Fe dan kekeruhan)
Foto4. Berhasil!! air yg warnanya kuning dan keruh jadi Bening :)

foto5. Ini dia penampakan hasil karyaku 
Alhamdulillah, Bapak Ibuk, Akhirnya anakmu wisuda juga :D
Selesai, sedikit ceritaku ketika berjuang menyelesaikan skripsi. Aku dapat ambil hikmah dari semua perjalananku ini. Pertama: Harus selalu positif thinking terhadap apapun yang kamu hadapi, kenapa? kalo aku biar gak stress aja sih :D. Kedua: Selalu yakin dan optimis, kamu pasti bisa, karena Allah selalu memberikan jalan dan pertolongan bagi hambaNya yang mau berusaha :). Ketiga: kamu akan menemukan sosok teman sejati disini saat momen ini, karena yaaa kamu akan tau mana yang tetap akan tinggal ketika kamu susah maupun senang :)

Disini aku cuma mau ngucapin banyak banyak terimakasih kepada Bapak, Ibu dan adik2 ku yang selalu support, bantuin, tenaga, dan materinya. Tanpa kalian, aku tidak bisa mencapai ini semua
aku juga mau ngucapin banyak banyak terimakasih kepada Sahabatku Jannah, Ari, Dian, Laras, yang udah banyaaakkk banget bantuin aku, tanpa kalian mungkin penelitianku gak akan selesai.
Sampai kapanpun aku gak akan bisa membalas semua kebaikan kalian, Tapi Allah yang akan membalas semua kebaikan kalian. Sehat-sehat terus ya kalian, lancar rejekinya, dan segera tercapai segala cita-cita kalian :))))
Terimakah Banyaakkkkk :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar